Total Tayangan Halaman

Selasa, 29 November 2011

Sedia Bibit Gaharu Botolan

Gaharu atau Aquilaria sp. adalah tanaman aromatik yang bernilai ekonomi tinggi. Diantara beberapa jenis yang ada; seperti Aqualaria malaccensis, cresna, fillaria, mikrokarpa dll, Aquilaria malaccensis adalah varietas yang terbaik dalam kualitas gubal yang dihasilkan. 

Dalam pohon gaharu; ada istilah gubal dan kemedangan. Gubal adalah jaringan kayu bagian dalam yang berwarna coklat sampai kehitaman, sedangkan kemedangan adalah bagian kayu yang berwarna coklat muda-keputihan yang berada pada lingkar luar jaringan batang gaharu. (lebih mudah membedakannya, kalo anda pernah nebang pohon jati pasti terlihat lingkaran2 kelas umur, semakin ketengah semakin coklat kehitaman. Kalo pada gaharu yang coklat kehitamanlah itu yang disebut gubal, sedang sisi luarnya adalah kemedangan.

Gubal gaharu tidak terbentuk dengan sendirinya. Semakin besar diameter atau tua umur pohon gaharu itu belum jaminan terdapat gubal atau menghasilkan gubal yang banyak. Jadi prinsip logika berpikir bisnis gaharu berbeda dengan bertanam jati. 

Secara gampangnya; gubal secara alami terbentuk karena adanya luka pada batang pohon gaharu yang kemudian  terinfeksi jamur dan antibodi pohon gaharu berusaha mempertahankan serangan. 

Secara buatan; pembentukan gubal dapat dilakukan dengan penyuntikan/pengeboran/penggergajian sebagian batang pohon yang kemudian diinfeksi dengan jamur fusarium sp. atau jenis yang lain.

Penduduk biasa memakai cara sederhana yaitu dengan membacok-bacok batang dengan tujuan agar terjadi infeksi.

Inokulasi jamur pada batang pohon gaharu dapat dilakukan ketika batang pohon gaharu berumur 5 tahun. Biasanya dalam 1 batang bisa diinokulasi sampai 100 lubang/tempat.

Masa panen diketahui apabila pohon gahru yang diinfeksi tersebut menunjukkan gejala daun menguning atau rontok daun, hal ini disebabkan oleh terputusnya jaringan makanan dari daun ke perakaran. waktu yang dibutuhkan relatif; ada yang 2 tahun ada juga yang lebih, tergantung banyak tidaknya lubang/tempat yang dinfeksi.

Harga  gubal bervariasi, jika yang didapat adalah gubal kelas super, maka harga bisa mencapai 25 juta/kg, tapi ini jarang terjadi. Yang banyak dipanen adalah gubal kelas 3 dengan harga antara 200 rb- 1.2 jt /kg. Kemedangan  pada pohon gaharu juga masih laku dijual; harga juga bervariasi, karena belum ada patokan standar dan masih bersifat subyektif. (ind)

Kultur jaringan Gaharu malaccensis asal Sumatera

Bibit gaharu hasil kultur jaringan

1 komentar:

  1. ual bibit gaharu/anakan gaharu/biji gaharu
    jual bibit gaharu/anakan gaharu/biji gaharu
    bibit gaharu Aquilaria Malaccensis, Aquilaria Microcarpa asli kalimantan bibit gaharuh dari indukan yg sudah berumur 50 thun siap antar seluruh Indonesia tinggi 20 sampai 50 cm harga 2000 / bibit stok kami saat ini ada 700 rb dan anakan tinggi 5 sampai 15 cm harga 1200 / bibit /buah biji gaharu harga Rp 600 rb per kg dan macam macam agarwood berbagai jenis dan kualitas hp 082153350119

    BalasHapus